Ternyata Ini arti tulisan DOT pada helm

Pernah lihat Tulisan DOT pada helm anda?atau helm Orang mungkin,Mungkin sebagian anda bertanya 2 apa sih artinya? Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang arti tulisan DOT pada Helm Tersebut.

DOT merupakan singkatan dari Departemen Of Transportation di amerika dengan kode FMVSS218 .Helm yang telah memiliki stiker DOT adalah helm yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Assosiation).NHTSA sendiri merupkan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional milik pemerintah AS yang di bawah naungan dari departemen perhubungan .dengan misinya  "Selamatkan nyawa, cegah cedera, kurangi tabrakan terkait kendaraan".

     Untuk cara pengujiannya relatif sama yaitu helm diuji dengan diluncurkan direl dengan kecepatan minimal 7 meter per detik menghantam tembok keras atau menghantam bola baja,dari berbagai arah sedangkan di bagian foamnya di tempelkan banyak sensor untuk mengetahui bagian mana yang paling banyak menerima beban kerusakan.dan bagian yang diuji sebenernya sama yaitu foam yang ada di balik helm tersebut,lapisan tersebutlah yang bertugas menahan gaya gravitasi (G-force/G) dan menyebarkannya sehingga tidak berdampak serius terhadap pengguna helm tersebut.

     Helm yang telah lulus uji ini berarti memiliki daya tahan sampai 250G.setandar ini sama seperti yang di miliki oleh SNI ,karena pada dasarnya SNI juga mengacu pada standar DOT.cukup tinggi sih,karena benturan yang bisa menyebabkan cedera otak kekuatannya sekitar 200G.Namun demikian sebenernya ada loh standar yang lebih tinggi dari DOT dan SNI yaitu snell dan ECE R22-05 (masing-masing memiliki ambang batas 275G).



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ternyata Ini arti tulisan DOT pada helm"

  1. Oh ternyata itu toh arti DOT.. Tanya om,, kalo helm itu kan semakin lama masa pakainya kan foam/busa di helm itukan makin tipis, apa daya tahan g-force nya masih sama??

    BalasHapus
  2. sebagian besar standar kekuatannya sebenernya dari cangkangnya,dari pabrikan tidak ditulis kadaluarsanya,namun mereka merekomendasikan 4-5 tahun ganti helm,karena kekuatannya memang berkurang.

    BalasHapus