Makanan penakluk hipertensi

     Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. penyakit yang di sebabkan karena tingginya tekanan darah ini, dapat membunuh penderitanya secara mendadak tanpa menimbulkan gejala yang signifikan. Bahkan terdapat cukup banyak kasus kematian mendadak yang di duga di sebabkan karena darah tinggi pada masyarakat di Indonesia.

     Sesuai dengan namanya, darah tinggi di sebabkan karena tekanan pada pembuluh darah manusia teralu tinggi. Umumnya, tekanan darah manusia normal berada pada 120 tekanan darah sistolik dan 80 tekanan darah diastolic. Ukuran tekanan darah juga tergantung pada usia, berat badan, dan rutinitas keseharian seseorang. Seseorang yang memiliki usia yang lebih tua, umumnya memiliki tekanan darah yang lebih tinggi di bandingkan dengan yang masih muda.

     Penyakit darah tinggi tidak dapat di deteksi dengan mata kepala telanjang. Hal ini dikarenakan penyakit ini tidak menimbulkan gejala – gejala yang dapat menandakan seseorang terkena darah tinggi. Satu – satunya cara untuk mengetahui penyakit ini adalah dengan melakukan pengujian tekanan darah di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jika tekanan darah melebihi angka normal, maka dapat di pastikan kalian menderita tekanan darah tinggi. Penyakit ini juga dapat di bagi menjadi beberapa golongan. Diantaranya :
  • JIka tekanan darah kalian berada di angka 140 hingga 159 tekanan sistolik dan 90 hingga 99 diastolic, artinya kalian menderita Hipertensi tahap 1
  • Jika tekanan darah kalian berada di angka 160 sistolik dan 100 diastolik, artinya kalian menderita Hipertensi tahap 2
     Penderita tekanan darah tinggi, perlu menjaga pola makanan dan jenis makanan yang mereka konsumsi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat seperti kambing, daging merah, kopi, durian, dan makanan berlemak lainnya. Namun, terdapat beberapa makanan dan minuman yang juga efektif dalam mengurangi tekanan darah pada tubuh manusia khususnya pada penderita tekanan darah tinggi. Diantaranya :
  • Bayam
     Sayur bayam memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang cukup banyak. Kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi dengan cukup efektif. Selain itu, bayam juga dapat mengontrol tekanan darah agar tidak melebihi batas.
     Bagi kalian yang memilliki penyakit hipertensi, sebaikya kalian rutin menambahkan bayam sebaagi salah satu menu harian. Kalian juga tidak boleh terlalu lama dalam memasak bayam. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang ada di dalamnya dapat berkurang seiring dengan lamanya proses memasak.
  • Teh Bunga Rosela
     Bagi kalian penderita tekanan darah tinggi yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi atau teh, ada baiknya jika kalian mengganti kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi teh bunga rosella. Meskipun memiiki rasa yang tidak jauh berbeda dengan teh biasannya, teh bunga rosella ini dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh dengan cukup cepat.
     Dalam secangkir teh bunga rosella, terkandung phytochemical bioaktif yang dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi teh bunga rosella, kalian dapat mengontrol tekanan darah tanpa perlu menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi teh baik di pagi hari maupun di sore hari.
  • Pisang
    
     Pisang juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Di dalam satu buah pisang, terdapat kandungan kalium yang di kenal dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan mineral yang dapat menurunkan kadar garam dalam tubuh manusia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan penakluk hipertensi"

Posting Komentar