Arti Lambang pada Plastik

     
     Kebanyakan orang tahu simbol segitiga kecil di bagian bawah botol plastik berarti Daur Ulang tetapi yang tidak mereka ketahui hanya karena memiliki segitiga di bagian bawah, tidak selalu berarti dapat didaur ulang. Angka-angka menunjukkan tingkat plastik dan juga dapat memberi tahu kalian tentang keamanan dan penggunaan item itu sendiri. Ada banyak pembicaraan akhir-akhir ini tentang polusi plastik termasuk bagaimana plastik merembes ke air keran kita. Daur ulang adalah salah satu cara kecil kita untuk menjaga barang-barang ini dari tempat pembuangan sampah, saluran air kita, dan lautan. Gunakan panduan ini untuk mencari tahu apa arti segitiga yang berbeda, dan untuk melihat apakah plastik tersebut dapat didaur ulang atau tidak.
  • Gambar Segitiga dengan Nomor 1 di dalamnya.
     Ini adalah polyethylene terephtalate atau PET yang jelas. Plastik ini digunakan untuk botol air dan botol soda dan umumnya aman. Namun, itu dibuat dengan permukaan berpori yang memerangkap bakteri, yang mana itu bukan ide yang baik untuk menggunakan kembali botol-botol ini setelah digunakan.

PETE

  • Gambar Segitiga dengan Nomor 2 di dalamnya.
     Ini adalah polietilen (HDPE) yang berwarna buram. Ini termasuk plastik yang sedikit lebih kuat yang digunakan untuk botol susu, botol deterjen, botol perlengkapan mandi, dll. Ini adalah plastik yang aman dengan risiko rendah pertumbuhan bakteri.
  • Gambar Segitiga dengan Nomor 3 di dalamnya.
     Polyvinyl chloride (PVC) bukan plastik yang aman untuk makanan dan minuman. Kalian tidak boleh memasak di dekat plastik ini yang digunakan untuk bungkus makanan, pipa ledeng dan botol untuk minyak goreng. Ada bahan kimia pelunakan yang digunakan dalam plastik yang dapat mengganggu perkembangan hormon pada tubuh jika dimakan atau diserap. Bahaya dari plastik ini meningkat ketika plastik ditempatkan di mesin pencuci piring atau microwave karena panas dari mesin-mesin tersebut dapat melepaskan dioksin yang sangat beracun.
  • Gambar Segitiga dengan Nomor 4 di dalamnya.
     Polietilen densitas rendah (LDPE) ini dianggap aman, tetapi tidak dapat di daur ulang. Plastik ini biasanya ditemukan di tas belanjaan.
  • Gambar Segitiga dengan Nomor 5 di dalamnya.
     Terbuat dari polypropylene, ini adalah plastik yang aman dan dapat di daur ulang. Barang-barang yang dibuat dari plastik ini termasuk botol kecap, botol sirup, wadah obat dan cangkir yogurt.
  • Gambar Segitiga dengan Nomor 6 di dalamnya.
     Ini adalah polystyrene, atau Styrofoam. Plastik ini sebagian besar digunakan dalam membuat wadah dan kemasan sekali pakai serta piring dan gelas Styrofoam. Ada semakin banyak bukti bahwa bahan plastik ini melepaskan produk pemecahan berbahaya yang disebut styrene, terutama ketika dipanaskan, dan harus dihindari sedapat mungkin.
Styrofoam
  • Gambar Segitiga dengan Nomor 7 di dalamnya.
     Kategori ini tergolong plastik yang mana tidak cocok dengan kategori plastik yang lainnya. Ini termasuk iPod, kasing komputer, botol bayi atau wadah penyimpanan makanan. Semua plastik ini dibuat setelah 1987 dan bahkan termasuk BPA yang sangat berbahaya, yang dapat menyebabkan masalah saraf dan perilaku pada anak-anak. Pastikan botol bayi kalian aman. Karena kita tidak tahu barang tersebut menggunakan botol plastik golongan berapa. Disarankan untuk menghindarinya sama sekali.
     Itulah beberapa penjelasan mengenai lambang pada plastik yang dapat kita temukan sehari-hari pada berbagai barang milik kita. Semoga artikel ini membuat kita menjadi lebih was-was dan perhatian terhadap plastik yang kita gunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Lambang pada Plastik"

Posting Komentar