Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Susu sapi olahan

     Mengenal jenis susu sapi olahan sangat penting agar kita bisa membeli susu sesuai dengan kebutuhan.Susu sapi yang dijual di pasaran nyatanya terdiri dari banyak varian, mulai rasanya, wujudnya,kandungan nutrisinya, sampai metode pembuatannya. Kemudian, apakah yang membedakan macam- macam tipe susu tersebut?berikut kami rangkumkan untuk anda

Dilihat dari kandungan lemaknya susu di bedakan menjadi


1. Skim milk

     Skim milk merupakan tipe yang lebih rendah lemak serta kalori daripada susu full cream. Isi lemaknya cuma berkisar antara 0-0,5 persen serta kalorinya sekitar 80- 90 persen.

Jenis Susu sapi olahan
Gambar oleh Couleur dari Pixabay

      Selain kandungan lemak tersebut, tidak terdapat perbedaan berarti pada tipe serta jumlah gizi yang lainnya.Nutrisi susu skim biasanya senantiasa sama dengan full cream.Sama-sama kaya akan vit D, vit A, kalsium, fosfor, vit B2, serta vit B12.

     Melihat isi lemak serta kalorinya, tidak heran bila skim milk dijadikan minuman alternatif kesukaan orang- orang yang sedang program diet. Walaupun begitu, skim milk tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak berumur di bawah 5 tahun. Pada umur tersebut anak masih memerlukan konsumsi tenaga besar untuk mendukung masa pertumbuhannya.

     Satu lagi yang butuh jadi pertimbangan kamu adalah kandungan gulanya. Tipe skim cenderung lebih banyak gula dibanding yang full cream. Umumnya skim milk bertekstur lebih encer serta rasanya sedikit lebih hambar sehingga sering ditambahkan gula untuk menaikkan kekentalan serta cita rasanya.

     Jadi walaupun bagus buat diet,Tetapi kamu harus senantiasa memerhatikan kandungan gula di dalamnya sebab gula berlebih juga bisa tingkatkan konsumsi kalori harian kamu.

2. Full cream

     Susu full cream rasanya legit serta gurih, teksturnya pula kental creamy. Ini disebabkan per satu gelasnya memiliki 5 gr lemak jenuh yang telah memadai 20% kebutuhan lemak setiap hari Kamu.

     Minuman perahan sapi ini juga besar kalori,yaitu sekitar 150 kcal per porsi. Hampir 2 kali lipat lebih banyak dari tipe yang rendah lemak( skim). Hingga Kamu harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memasukkan minuman ini ke dalam menu harian kamu apalagi jika kalian dalam proses menurunkan berat tubuh.

Mengenal Jenis Susu sapi olahan

     Tidak hanya itu,menurut penelitian yang di lakukan oleh Harvard School of Public Health, susu full cream masih memiliki hormon terkait kehamilan yang berasal dari induk sapi itu sendiri.Ketika diminum oleh manusia, hormon tersebut bisa merangsang penyakit- penyakit yang sensitif terhadap hormon semacam misalnya kanker payudara serta kanker testis.

     Walaupun belum teruji 100 persen, tetapi penemuan ini bisa jadi pertimbangan buat kamu agar tidak berlebihan dalam minum susu full cream.

3. SKM( Susu Kental manis)

     Susu Kental Manis terbuat dari perahan sapi yang diuapkan dalam waktu lama ( proses evaporasi) untuk menguapkan sebagian besar isi airnya. Itu mengapa Susu Kental Manis mempunyai tekstur yang sangat kental. Tidak hanya diuapkan, Susu Kental Manis juga ditambahkan gula sehingga menghasilkan rasa yang sangat manis serta corak yang agak kecokelatan.

     Nah, proses pemanasan di pabrik akan menimbulkan isi proteinnya jadi sangat rendah, sedangkan akumulasi gula dalam jumlah banyak akan meningkatkan kalori. Kalori satu porsi (4 sendok makan) Susu Kental Manis dapat mencapai sekitar 130 kkal dengan kandungan gula bonus sebanyak 19 gr serta protein 1 gr. Sedangkan jika di bandingkan dengan satu gelas susu sapi fresh memiliki 146 kalori dari 49% lemak sehat, 30% karbohidrat, serta 21% protein.

     Susu Kental Manis biasa digunakan untuk pembuatan kue, puding, dan jadi pemanis untuk kopi ataupun teh. Tetapi karena kandungan gulanya tinggi, SKM tidak dianjurkan di konsumsi oleh orang- orang yang mengidap diabetes, yang lagi menurunkan berat badan, ataupun menghadapi permasalahan gigi.

     Tidak cuma itu.pernyataan resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) mengatakan kalau Susu Kental Manis juga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh balita serta kanak- kanak.

Jika dilihat dari proses pengolahannya susu dibagi

1. Susu murni

     Susu murni(fresh whole milk) merupakan hasil perahan sapi yang tidak dikurangi ataupun ditambahkan bahan apapun.Tetapi setelah di perah biasanya di lakukan penyaring secara manual hal ini di lakukan untuk menyaring kotoran apabila ada yang terbawa bersama susu.

Jenis Susu sapi olahan

     Sesuai dengan namanya, proses pembuatan fresh whole milk tidak dilakukan proses tambahan dalam penyajiannya.Itu mengapa susu murni dinilai mempunyai isi asam amino, vit, mineral, serta asam lemak yang lebih banyak dibanding susu yang di olah secara pasteurisasi ( dipanaskan 78 derajat).

     Nah sebab tidak diproses,fresh whole milk tidak bisa bertahan lama.Kamu dianjurkan agar langsung mengkonsumsinya setelah disaring. 
 

 2. UHT

     Susu UHT( Ultra High Temperature) diproses pada temperatur yang tinggi sampai 135ยบ Celcius selama 2-5 detik. Pemanasan temperatur besar ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme beresiko yang bisa jadi terdapat dalam hasil perahan sapi tersebut.Proses pemanasan ini juga menghasilkan produk susu yang mempunyai penyimpanan lebih lama.

     Proses pemanasan kilat untuk produk UHT juga di sebut sebagai pasteurisasi.Sehabis diproses, hasil perahan sapi tersebut akan dikemas dalam karton ataupun kaleng steril. Bila telah dibuka kemasannya, maka daya simpannya akan  bertahan hanya sekitar 3 sampai 4 hari saja.

3. Evaporasi

     Mirip Susu Kental Manis,susu evaporasi (evaporated milk) teksturnya kental karenaterlebih dahulu dipanaskan hingga sebagian besar kandungan airnya menguap. Tetapi, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam evaporated milk tidak berubah.proses pengurangan kadar air ini jugalah yang membuat evaporated milk dapat ditaruh dalam waktu lama serta tidak mudah basi.

     Sedikit berbeda dengan Susu Kental Manis, evaporated milk tidak ditambahkan gula. Oleh sebab itu, Kamu dapat menjadikan krimer ini ke dalam menu diet. Tetapi jika mau di konsumsi ketika anda sedang program diet,pilihlah yang berlabel rendah lemak.

     Kamu bisa komsumsi evaporated milk dengan mengencerkannya menggunakan air hangat. Krimer kental ini juga dapat dicampurkan dalam kopi, teh, masakan, kue, sup, ataupun resep makanan yang lainnya sebagai pelengkap ataupun penambah nutrisi.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Susu sapi olahan"