Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dikaitkan dengan nama jisso BLACKPINK,apa itu xenophobia

Apa Itu Xenophobia serta Gimana Mengatasinya?

     Setelah ramai di perbincangkan di twitter Kata#Xenophobia bahkan sampai trending di media tersebut.kemudian Tagar #XenophobiaIsNotAJoke muncul dan dikaitkan dengan nama salah satu member BLACKPINK, Jisoo, Rabu( 20/ 1/ 2021).Tagar xenophobia tersebut juga muncul bertepatan dengan tagar#ProtectJisoo. perihal tersebut terjalin sebab terdapat yang melanda Jisoo yang keahlian Bahasa Inggrisnya diucap tidak kayak member BLACKPINK yang lain.

Xenophobia,Jisso Blackpink

Kemudian, apa itu xenophobia?

Memahami xenophobia

menurut wikipedia

Xenophobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing. Beberapa definisi menyatakan xenofobia terbentuk dari keirasionalan dan ketidakmasukakalan. Berasal dari bahasa Yunani ξένος (xenos), artinya "orang asing", dan φόβος (phobos), artinya "ketakutan").

Suatu postingan tinjauan tahun 1997 tentang xenophobia melaporkan kalau ini merupakan" elemen perjuangan politik tentang siapa yang berhak dirawat oleh negeri serta warga: perjuangan buat kebaikan kolektif negeri modern."

Bagi sosiolog Italia Guido Bolaffi, xenofobia juga bisa ditampilkan bagaikan" pengagungan budaya lain yang tidak kritis" yang dikira bagaikan" mutu yang tidak nyata, stereotip, serta eksotis" 

Sedangkan dilansir sari Very Well Mind,
xenophobia merupakan ketakutan terhadap orang asing ataupun dalam sebutan yang lebih luas merupakan ketakutan terhadap seorang yang berbeda dari kita. Permusuhan terhadap orang luar kerap kali ialah respon terhadap rasa khawatir.
 
Sedangkan, bagi Cambridge Dictionary
xenophobia maksudnya ketidaksukaan ataupun ketakutan ekstrem terhadap orang asing, adat istiadat, agama, serta lain- lain. 
 
     Xenophobia kerap tumpang tindih dengan wujud prasangka tercantum rasisme serta homofobia, namun terdapat perbandingan berarti. Bila rasisme, homofobia, serta wujud diskriminasi yang lain didasarkan pada ciri tertentu, xenophobia umumnya berakar pada anggapan kalau seorang di luar kelompok merupakan orang asing untuk komunitas dalam kelompok.

Karakterisitik xenophobia

Walaupun xenophobia bisa diekspresikan dengan bermacam metode, isyarat khasnya meliputi:

  • Berupaya keras buat menjauhi zona tertentu.
  • Merasa tidak aman di dekat orang- orang yang tercantum dalam" kelompok" yang berbeda.
  • Kesusahan berhubungan dengan rekan yang tidak tercantum dalam kelompok ras, budaya, ataupun agama yang sama.
  • Menolak bergaul dengan orang lain cuma sebab corak kulit, metode berpakaian, ataupun aspek eksternal yang lain.

     Walaupun ini bisa jadi mewakili ketakutan yang sesungguhnya, mayoritas orang yang hadapi xenophobia tidak betul- betul phobia. Kebalikannya, sebutan tersebut sangat kerap digunakan buat menggambarkan orang- orang yang mendiskriminasi orang asing serta pendatang. Orang yang mempunyai xenophobia umumnya yakin kalau budaya ataupun bangsanya lebih unggul, mau menjauhkan imigran dari komunitasnya, serta apalagi bisa jadi melaksanakan aksi yang merugikan mereka yang dikira bagaikan orang luar. Tipe xenophobia Terdapat 2 jenis utama xenophobia:

Xenophobia imigran

     Tipe ini mengaitkan penolakan orang- orang yang tidak dipercayai oleh orang yang hadapi xenofobia dalam warga ataupun kelompok mereka. Perihal ini bisa mencakup penolakan orang dari agama ataupun kebangsaan yang berbeda serta bisa menuju pada penganiayaan, permusuhan, kekerasan, serta apalagi genosida.

Xenophobia budaya

     Tipe ini mengaitkan penolakan terhadap tradisi, ataupun simbol yang terpaut dengan kelompok ataupun kebangsaan lain. Perihal ini bisa mencakup bahasa, baju, musik, serta tradisi lain yang terpaut dengan budaya.

Akibat xenophobia

     Xenophobia tidak cuma mempengaruhi orang- orang secara orang. Phobia ini pula mempengaruhi segala warga, tercantum perilaku budaya, ekonomi, politik, serta sejarah. Contoh xenophobia di Amerika Serikat tercantum aksi diskriminasi serta kekerasan terhadap imigran Latin, Meksiko, serta Timur Tengah.


Xenophobia sudah berhubungan dengan:

  • Diskriminasi
  • Kejahatan kebencian
  • Posisi politik
  • Perang serta genosida
  • Kebijakan dalam serta luar negara yang kontroversial
  • Panduan buat memerangi xenophobia
  • Permusuhan terhadap orang- orang dari latar balik berbeda
  • Kesempatan sosial serta ekonomi menyusut buat kelompok luar
  • Bias implisit terhadap anggota kelompok luar
  • Isolasionisme

     Bila Kamu hadapi xenophobia, terdapat sebagian perihal yang bisa Kamu jalani buat menanggulangi perilaku tersebut.

Pertama, lawan rasa khawatir Kamu terhadap perihal yang tidak dikenal. Khawatir hendak perihal yang tidak dikenal merupakan salah satu ketakutan terkuat dari seluruhnya. Bila Kamu belum sempat terpapar ras, budaya, serta agama lain, mendapatkan lebih banyak pengalaman bisa jadi menolong dalam menaklukkan xenophobia Kamu. Setelah itu, perhatikan kapan benak xenophobia timbul. Berusahalah secara siuman buat mengubah benak ini dengan yang lebih realistis.

Kedua, perluas pengalaman Kamu. Banyak orang yang menampilkan xenophobia sudah menempuh kehidupan yang relatif terlindung serta tidak sering berhubungan dengan orang- orang yang berbeda dari mereka. Bepergian ke bermacam belahan dunia, ataupun apalagi menghabiskan waktu di kota terdekat, bisa jadi sangat menolong Kamu mengalami ketakutan Kamu.




Posting Komentar untuk "Dikaitkan dengan nama jisso BLACKPINK,apa itu xenophobia"