Kemajuan Iptek Korea Masa 1400- an pada Masa Raja Sejong Agung

Raja sejong agung,raja korea yang mengantarkan korea pada peradaban iptek

Raja Sejong Agung (15 Mei 1397- 8 April 1450 M) sempat memerintah Korea dari tahun 1418 hingga 1450 Meter. Dia dikenal bagaikan raja keempat dari Dinasti Joseon( dieja Choson). Sejong jadi salah satu dari 2 raja Korea yang diucap Agung sampai hari ini.

Sejong mempunyai pengaruh besar di Korea. Prestasi terbesarnya merupakan menghasilkan Hangul, alfabet Korea. Tetapi, dukungannya terhadap sains, teknologi, sastra, serta obat- obatan seluruhnya berakibat besar pada peradaban etnis Korea.

Hangul,raja sejong agung
contoh huruf hangul

Raja Sejong mempunyai kecakapan memandang kebutuhan tenaga ilmuwan di istananya. Sehabis 2 tahun jadi raja, pada tahun 1420 M, ia membangun suatu aula kehormatan (Jiphyeonjeon) bagaikan tempat riset akademis. Banyak temuan serta tulisan ilmiah dari masa pemerintahan Sejong berasal dari para ilmuwan yang dia pekerjakan di Jiphyeonjeon.

Raja Sejong mewarisi kemajuan bapaknya dalam teknologi pencetakan serta memperluas kapasitasnya buat jadi negeri terkemuka dalam percetakan di Asia Timur dikala itu. Sedangkan orang Tiongkok mengabaikan teknologi baru ini, orang Korea di masa Joseon menerimanya serta mampu meningkatkan kecepatan pencetakan sampai 20 kali lipat pada tahun 1434 M. Kenaikan kapasitas pencetakan ini telah menolong Sejong menerbitkan serta mengedarkan kemajuan ilmiah serta medisnya yang lain sepanjang masa pemerintahannya.

Korea pada masa king sejong

Kemajuan teknologi lain di masa Raja Sejong merupakan suatu alat untuk mengukur kejadian meteorologi. Dia mengawasi temuan perlengkapan pengukur hujan serta ciri air seperti metode buat mengukur serta mencatat curah hujan secara objektif di bermacam daerah kerajaan. Buat pengetahuan astronomi, Sejong memerintahkan pembangunan platform observatorium di Istana Kerajaan Gyeonbok. Temuan lain ialah jam matahari portabel dengan kompas serta jam air yang ditemui oleh Jang Yeong- Sil.

Bidang kemajuan utama terakhir di dasar Sejong merupakan pertanian. Sejong menginstruksikan para ilmuwannya buat menyusun suatu novel pertanian, bertajuk Nongsa Jikseol. Novel ini mencakup deskripsi modul serta aplikasi pertanian terbaik dari seluruh daerah Korea.

Sumber: ancient. eu


Posting Komentar untuk "Kemajuan Iptek Korea Masa 1400- an pada Masa Raja Sejong Agung"