Bahaya terlalu banyak konsumsi makanan berkalori

    
Salah satu contoh makanan kalori tinggi
Kalori merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam makanan. Umumnya, kalori banyak terkandung pada makanan – makanan pokok seperti nasi, daging, ikan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kalori juga bisa kita peroleh dari beberapa jenis buah dan makanan ringan seperti apel, dan juga coklat.

     Kalori merupakan jumlah energy yang kita dapatkan dalam setiap makanan yang kita konsumsi. Sebenarnya, tubuh kita membutuhkan banyak asupan kalori pada saat ingin beraktiftas atau setelah melakukan kegiatan yang berat. Kalori yang berbentuk seperti energy, akan terbakar selama kita melakukan aktifitas sehari – hari. Lama kemalaan jumlah kalori dalam tubuh akan menipis dan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lapar.

     Kalori yang ada di dalam tubuh, merupakan salah satu penyebab utama tubuh kita menjadi lebih gemuk. Kalori yang tidak di gunakan, akan di ubah menjadi energy cadangan berupa lemak. Ketika tubuh kekurangan tubuh, lemak yang ada di dalam tubuh, akan diubah menjadi glukosa dan menjadi energy pengganti bagi tubuh. proses ini di namakan dengan beruhaban ketosis.

     Meskipun sebenarnya kalori merupakan salah satu asupan yang di butuhkan oleh tubuh sebagai sumber energy utama, namun terlalu banyak mengkonsumsi makana yang tinggi akan kandungan kalori juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kalian bisa lebih beresiko beberapa penyakit mematikan jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori. Diantaranya :
  • Obesitas
     Kalori yang tidak di gunakan sebagai energy, akan di ubah menjadi energy cadangan yaitu lemak. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan meningkatnya berat badan ketika kita terlalu banyak makan makanan berkalori namun tidak di ikuti dengan aktifitas fisik yang seimbang.
Jika terlalu banyak mendapatkan asupan kalori, maka tubuh akan semakin banyak pula mencadangkan lemak hasil dari kalori yang tidak terbakar. Lama kelamaan, tubuh akan mengalami kegemukan atau obesitas. Tentunya, kondisi ini sangat tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh manusia.
  • Jantung dan Kolesterol
     Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori juga tidak baik untuk kesehatan jantung. Dengan banyaknya kalori di dalam tubuh, dapat memicu penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung.
Selain itu, jika kaiian terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori, kalian juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit stroke. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mendapatkan asupan kalori dapat mempermudah terjadinya penggumpalan dalam pembuluh darah.
  • Darah Tinggi
     Tubuh yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori juga dapat terserang penyakit darah tinggi. Hal ini dikarenakan semakin gemuk tubuh seseorang, maka semakin tinggi pula tekanan darah dalam tubuhnya. Selain itu, sebagian besar makanan berkalori tinggi, berasal dari fast food yang juga memiliki kandungan garam yang tinggi.
  • Kerusakan Otak dan Hati
     Salah satu dampak negative yang bisa kalian rasakan jika mengkonsumsi terlalu banyak makanan berkalori tinggi adalah kerusakan pada organ hati dan otak. Meskipun efek yang satu ini baru akan di rasakan dalam jangka panjang, namun racun yang di hasilkan oleh kalori lama kelamaan dapat merusak otak dan hati manusia. Oleh karena itu, kalian perlu mengurangi asupan kalori jika ingin menghindari kerusakan pada otak, hati, dan organ tubuh lainnya.

     Kalori sebenarnya bukan merupakan kandungan yang berbahaya pada makanan. Justru kalori merupakan sumber energy utama yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Namun jika di konsumsi secara berlebihan dan tidak di ikuti dengan olaharaga yang cukup, kalori justru dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, kalian perlu menyeimbangkan antara asupan kalori dengan kegiatan fisik yang di lakukan sehari – hari bila ingin terhindar dari dampak buruk kalori.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya terlalu banyak konsumsi makanan berkalori"

Posting Komentar