Berbagai makanan berlemak yang menyehatkan

    
kacang-kacangan
     Lemak merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam makanan. Kandungan ini berfungsi sebagai salah satu energy cadangan yang di simpan di dalam tubuh manusia. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan cadangan lemak sebagai salah satu sumber energy cadangan yang bisa di gunakan saat tubuh kekurangan asupan karbohdirat. Namun, kebanyakan orang mengganggap bahwa lemak merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang kurang sehat dan dapat membuat kegemukan.

     Sebenarnya lemak memiliki banyak fungsi yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Selain sebagai cadangan energy, lemak juga berfungsi sebagai zat yang dapat melarutkan Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K. Selain itu, lemak juga menjadi salah satu penyedia asam lemak esensial seperti Omega – 3, dan Omega – 6 yang sangat di butuhkan untuk perkembangan tubuh manusia.

Lemak yang terkandung dalam makanan, dapat di bedakan menjadi 3 jenis. Yaitu :
  • Lemak Trans
  • Lemak Jenuh
  • Lemak Tak Jenuh
     Lemak yang sering kali di anggap berbahaya oleh masyarakat adalah Lemak Jenuh. Hal ini dikarenakan Lemak Jenuh merupakan lemak yang terdiri dari trigliserida dengan hanya asam lemak jenuh. Sehingga jika terlalu banyak di konsumsi, lemak jenuh dapat memicu berbagai macam penyakit kardiovaskular dan kolesterol. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh juga dapat menaikan berat badan secara tidak sehat.

     Mengkonsumsi makanan berlemak tidak selamanya menjadi sesuatu hal yang buruk dan dapat mengundang penyakit. Terdapat beberapa jenis makanan berlemak yang tetap menyehatkan meskipun kalian mengkonsumsi nya secara sering. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan berlemak yang dapat menyehatkan tubuh manusia.

  • Alpukat
     Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan lemak nabati paling banyak. Hampir 70% kandungan yang ad di dalam buah alpukat merupakan lemak oleic acid. Kandungan lemak ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung
     Dengan rutin mengkonsumsi alpukat, kalian juga bisa mengurangi gejala dari penyakit Osteoarthritis atau pengapuran sendi. Selain itu, kandungan kalium dan serat yang ada di dalam alpukat juga dapat menurunkan kadar lemak jahat atau HDL di dalam tubuh.

  • Minyak Zaitun
     Minyak zaitun juga merupakan salah satu makanan berlemak yang tetap menyehatkan meskipun di konsumsi secara rutin. Minyak yang berasal dari buah zaitun ini, memiliki kandungan lemak sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah did alam tubuh.
     Kalian bisa menambahkan minyak zaitun dalam setiap makanan yang bersifat tumis – tumisan dan gorengan. Selain itu,kalian juga bisa mengganti minyak goreng yang biasa kalian gunakan untuk memasak dengan menggunakan minyak zaitun. Dengan begitu, kalian bisa merasakan manfaatnya secara lebih maksimal.

  • Ikan
     Seperti yang kita tahu, ikan merupakan salah satu makanan dengan kandungan minyak omega 3 paling banyak. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kalian dapat membantu mempercepat perkembangan otak khsususnya pada anak di bawah usia 3 tahun. Selain itu, asam omega 3 yang juga merupakan asam lemak essential, dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah datangnya penyakit kardiovaskular.

  • Kacang – kacangan
     Berbagai jenis kacang – kacangan juga dapat memberikan asupan lemak yang sehat bagi tubuh manusia. Salah satu contohnya adalah kacang kenari yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kacang kedelai yang mengandung asam lemak omega 3 juga baik untuk mempercepat perkembangan otak manusia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai makanan berlemak yang menyehatkan"

Posting Komentar