Makanan penyebab maag

     Maag merupakan sebuah kondisi dimana terjadi peradangan pada lapisan lambung manusia. Umumnya, seseorang yang memiliki penyakit maag akan merasakan sakit seperti terbakar di area perut dan lambung pada saat penyakit ini sedang kambuh. Selain itu, akan timbul rasa mual dan mulas yang di akibatkan oleh meningkatnya produksi asam lambung di dalam tubuh.

      Sakit maag merupakan salah satu kasus yang paling banyak terjadi di Indonesia. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki riwayat penyakit maag dalam hidupnya. Sebuah data yang di lakukan di pusat endoskopi menunukan terdapat lebih dari 5000 kasus penyakit maag dengan 86 % merupakan dyspepsia fungsional dimana masih belum di ketahui penyebabnya.

     Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan datangnya penyakit maag. Salah satu diantaranya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas atau asam. Namun, penyebab utama dari penyakit maag adalah adanya luka yang terbuka di daerah lapisan dalam lambung. Jika terkena makanan yang pedas atau asam, luka tersebut akan menimbulkan rasa perih dan panas di dalam perut.

     Selain itu, para penderita penyakit maag juga harus menjaga pola makan dan jenis makanan yang mereka konsumsi. Hal ini di karenakan penyakit ini dapat di picu oleh beberapa jenis makanan. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan penyakit maag.
  • Minuman Bersoda
minuman bersoada
     Seperti yang kita ketahui, hampir semua minuman bersoda dapat meningkatkan asam lambung dan membuat penyakit maag menjadi kambuh. Hal ini di sebabkan karena minuman bersoda dan semua minuman yang berkarbonasi memiliki sifat asam yang dapat memicu produksi asam lambung. Sehingga, asam lambung akan meningkat dan menimbulkan rasa sakit di area perut dan ulu hati.
  • Daging Merah
daging merah
     Daging merah seperti daging kambing, domba dan sapi juga termasuk salah satu makanan yang dapat menyebabkan kembuhnya penyakit maag. Umumnya, daging merah yang menjadi konsumsi publik memiliki kandungan lemak yang lebih banyak. Sehingga makanan ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk di cerna. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan rasa sakit di area perut akibat maag. Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki penyakit maag, ada baiknya jika kalian mengurangi konsumsi daging merah.
  • Alcohol
minuman ber-alkohol
     Sama seperti minuman berkarbonasi atau bersoda, minuman dan makanan yang mengandung alcohol juga merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit maag. Meskipun terdapat beberapa jenis minuman beralkohol yang tidak terlalu asam, namun hampir semua makanan dan minuman beralkohol memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Sehingga dapat memicu produksi asam lambung dan menyebabkan sakit bagi para penderita maag.
  • Kopi
 
kopi
   Salah satu penyebab terbanyak maag di Indonesia adalah akibat dari konsumsi kopi atau makanan dan minuman berkafein lainnya. Ketika kalian mengkonsumsi kopi, kalian akan merasakan kembung dan perasaan tidak nyaman di lambung. Jika kalian mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, akan timbul rasa sakit yang dapat menjadi semakin parah. Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian menghindari konsumsi kopi jika memilki penyakit maag.
  • Gorengan
     Gorengan juga merupakan makanan yang dapat menyebabkan datangnya penyakit maag. Hampir semua penjual gorengan yang ada di pinggir jalan, menggunakan minyak sisa atau minyak bekas untuk menggoreng makanannya. Minyak – minyak yang kebersihannya tidak terjamin tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi. Saat kalian mengkonsumsi gorengan, kalian akan merasakan kembung dan makanan yang kalian konsumsi akan meluap hingga ke kerongkongan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan penyebab maag"

Posting Komentar