Makanan pencegah penyakit jantung

     Penyakit jantung atau dalam dunia medis disebut jantung coroner merupakan salah satu penyakit yang banyak di temui di Indonesia. Umumnya, penyakit ini baru di ketahui setelah seseorang memasuki usia lanjut di atas 40 tahun. Selain itu, seseorang dengan gaya hidup dan pola makan kurang sehat juga sangat beresiko terserang penyakit jantung coroner ini.

     Pada dasarnya, penyakit jantung di sebabkan karena adanya penyumbatan di pembuluh darah coroner. Penyumbatan ini dapat di sebabkan karena adanya penumpukan kolesterol atau plak pada jalur aliran darah. Lama – kelamaan aliran darah akan semakin menyempit dan suplai oksigen ke jantung akan semakin menipis. Hal inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya rasa sakit pada penderita penyakit jantung di bagian dada.

     Plak atau kolesterol yang menumpuk di aliran darah, semakin lama akan semakin membesar. Jika tidak segera di obati, plak akan menutupi seluruh jalur suplai oksigen ke jantung sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Kondisi ini di namakan serangan jantung dan dapat menyebabkan kematian bagi beberapa orang.

     Umumnya, seseorang yang telah di diagnose penyakit jantung akan di berikan obat untuk membantu mengurangi penumpukan kolesteroldi pembuluh darahnya. Namun, kebanyakan obat kimia juga tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia khususnya untuk jangka panjang. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengurangi efek dari penyakit jantung, kalian bisa mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini.
  • Ikan Salmon
     Ikan salmon menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini di karenakan salmon mengandung banyak omega 3 yang dapat membantu menghancurkan lemak jenuh dan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi ikan salmon, kalian dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular hingga 15%.
daging salmon
Untuk mengurangi resiko penyakit jantung, kalian dapat mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 hingga kaii selama seminggu. Kalian juga dapat menambahkan campuran kacang – kacangan atau sayuran lain agar olahan ikan salmon semakin lezat.
  • Bawang Putih
     Seperti yang kita ketahui, bawang putih menyimpan banyak manfaat dalam setiap olahannya. Bisa dibilang, hampir semua penyakit mulai dari masuk angin, hingga penyakit kronis seperti darah tinggi dan diabetes bisa di obati dengan rutin mengkonsumsi bawang putih. Tidak terkecuali dengan penyakit jantung dan kolesterol.
bawang putih
     Rutin mengkonsumsi bawang putih dapat membantu memperlancar peredaran darah dan mengurangi penumpukan dari kolesterol di pembuluh darah. Selain itu, bawang puih juga dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Oleh karena itu, jika kalian ingin terhindar dari penyakit jantung, kalian perlu mencampurkan bawang putih sebagai bumbu utama dalam setiap masakan.
  • Kacang – kacangan
  
kacang-kacangan
Kacang – kacangan juga terkenal dalam mencegah penyakit jantung coroner. Hampir semua jenis kacang – kacangan memiliki kandungan protein dan fiber yang berguna mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Namun, ada baiknya jika kalian tidak memilih kacang tanah untuk di konsumsi. Hal ini dikarenakan kacang tanah memiliki kandungan mineral dan vitamin paling sedikit di banding jenis kacang lainnya.
  • Buah Berry
 
macam-macam buah berry
  Sebagai makanan tambahan atau makanan pencucui mulut, kalian bisa mengkonsumsi buah berry baik strawberry, blueberry, atau raspberry. Kandungan Antioksidan yang ada pada buah berry, dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Bagi para penderita jantung, mengkonsumsi buah berry dapat mengurangi gejala – gejala yang di timbulkan oleh penyakit tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan pencegah penyakit jantung"

Posting Komentar