Makanan lezat yang menyehatkan


     Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh lebih banyak di bandingkan dengan kandungan lainnya. Meskipun pada dasarnya semua makanan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbda – beda, namun tidak semua makanan dapat di kategorikan sebagai makanan yang menyehatkan.

     Kategori makanan yang tidak menyehatkan adalah makanan yang memiliki kandungan garam, gula, lemak jenuh, dan bahan kimia lebih banyak di bandingkan kandungan nutrisi lainnya yang lebih di butuhkan oleh tubuh. Umumnya, makanan tidak sehat merupakan makanan – makanan cepat saji, makanan berpengawet, makanan dengan rasa manis berlebihan, atau makanan yang di goreng dengan menggunakan minyak yang sudah kotor.

     Meskipun terlihat menggoda dan memeliki cita rasa yang lezat, namun mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti fast food atau junk food dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh kita khususnya jika di konsumsi secara rutin. Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih gemuk, dan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit mematikan seperti stroke, jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi.

     Makanan sehat juga tidak selamanya memiliki cita rasa yang buruk. Dengan teknik dan cara pengolahan yang tepat, makanan – makanan sehat yang awalnya terlihat kurang menarik juga bisa di ubah menjadi makanan yang membangkitkan selera makan. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan lezat namun tetap menyehatkan.

  • Ikan dan makanan laut
     Ikan memang menjadi salah satu makan favorit hampir sebagian orang di dunia. Selain memiliki cita rasa yang lezat, ikan dan makanan laut lainnya juga dapat menyehatkan tubuh manusia. Kandungan protein yang ada di dalam hampir semua makanan laut dapat membantu memperbaiki sel – sel di dalam tubuh yang mengalami kerusakaan. Selain itu, beberapa jenis ikan laut seperti salmon dan tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan otak manusia.
     Namun, kalian perlu berhati – hati dalam mengkonsumsi ikan dan makan laut. Hal ini dikarenakan beberapa orang memiliki alergi terhadap protein yang ada di dalam makanan laut. Sehingga dapat menyebabkan gatal – gatal di sekujur tubuh dan pembengkakan di sebagian area tubuh.

  • Daging
     Baik daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba maupun daging putih seperti daging ayam dan daging putih, sama – sama memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, daging – dagingan menjadi salah satu makanan sehat dengan cara pengolahan yang paling beragam.
Kalian bisa memasak daging sesuai dengan beragam pilihan sesuai selera. Kalian juga bisa memberikan tambahan bumbu – bumbu rempah sebagai penambah rasa. Sehingga kalian dapat mengkonsumsi makanan lezat dan makanan sehat secara bersamaan.

  • Salad
     Meskipun sering di anggap kurang menarik, namun salad yang di olah dengan benar juga dapat memiliki cita rasa yang lezat. Sebagai salah satu contohnya adalah salad buah yang terdiri dari berbagai macam buah segar seperti apel, pear, anggur, jeruk, semangka, dan melon. Kalian juga dapat memberikan tambahan mayoneise sebagai penambah rasa pada salad.

  • Susu
     Susu memang bukan merupakanan melainkan minuman. Namun, susu sering kali di konsumsi sebagai salah satu hidangan penutup setelah sarapan di pagi hari. Dengan rutin mengkonsumsi susu, kalian bisa menjaga kesehatan tulang dan menghindari penyakit osteorporosis. Hal ini dikarenakan oleh kandungan kalsium yang banyak terkandung dalam susu segar khususnya yang baru melewati tahap pasturisasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan lezat yang menyehatkan"

Posting Komentar