Makanan yang cocok untuk penderita diabetes

     Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang paling di takuti di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan penyakit diabetes telah menjadi menyebab kematian terbanyak ke 6 di dunia. Selain itu, hampir semua orang yang telah di vonis mengidap penyakit ini, memiliki kesempatan yang sangat kecil untuk dapat sembuh total dari penyakit gula ini.

     Diabetes atau diabetes mellitus merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat dari tubuh yang memiliki kelebihan kadar glukosa atau gula. Umumnya, hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat mengolah karbohidrat menjadi glukosa dengan baik. Sehingga produksi glukosa dalam tubuh meningkat dan menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas, sulit menyembuhkan luka, dan lain – lain.

     Hampir semua penderita diabetes memiliki gejala yang sama yaitu mudah lelah, mudah mengantuk, lebih sering lapar, dan berat badan yang turun secara signifikan. Selain itu, cara paling tepat untuk mengidentifikasi penyakit diabetes adalah dengan melakukan pengecekan kadar gula dalam darah menggunakan alat khusus.

     Jika dokter telah menetapkan bahwa kalian terkena diabetes, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menjaga pola makanan dan jenis makanan yang akan kalian konsumsi. Hal ini dikarenakan makanan merupakan salah satu hal yang sangat fatal bagi penderita diabetes. Salah dalam mengkonsumsi makanan, dapat membuat kadar gula dalam darah semakin tinggi dan dapat membahayakan bagi tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang cocok untuk di konsumsi oleh penderita diabetes.
  • Alpukat
alpukat
     Alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kadar gula dan karbohidrat yang lebih sedikit bila di bandingkan dengan buah lainnya. Selain itu, alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  • Blueberry
     Blueberry juga menjadi salah satu pilihan buah yang cocok untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah bila di konsumsi dalam batasan tertentu.

blueberry
     Dengan rutin mengkonsumsi blueberry, kalian juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2.Hal ini disebabkan karena blueberry memiliki kandungan anthocyanin yang cukup tinggi. Kandungan anthocyanin juga merupakan zat yang membuat blueberry memiliki warna biru.
  • Brokoli
     Jenis makanan lainnya yang cocok untuk di konsumsi oleh penderita diabetes adalah brokoli. Sayuran ini memiliki kandungan kalsium dan mineral yang tinggi dengan karbohidrat yang rendah. Kandungan senyawa dan mineral yang ada pada brokoli dapat membantu melindungi kerusakan sel dan membantu mempercepat proses penutupan luka di kulit.

brokoli
     Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kalian perlu mengolah brokoli dengan benar. Semakin lama proses pengolahan brokoli, maka semakin berkurang pula kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.
  • Apel
     Meskipun memiliki rasa yang manis dan cepat mengenyangkan, namun buah apel memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tergolong rendah. Sehingga buah ini menjadi salah satu buah yang cocok untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Bagi penderita diabetes yang ingin mengkonsumsi manis, sebaiknya kalian mengkonsumsi satu buah apel setelah makan berat.

apple
     Selain itu, buah apel juga memiliki kandungan yang dapat mengurangi resiko terkena stroke. Oleh karena itu, rutin mengkonsumsi buah apel merupakan pilihan yang tepat baik untuk para penderita diabetes maupun yang tidak.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makanan yang cocok untuk penderita diabetes"

  1. Min, buatin artikel untuk alpukat bagi penderita hipertensi. Karena ada yang bilang buah dan daunnya punya pengaruh yang berlawanan terhadap tekanan darah. Jadi buahnya menaikkan dan daunnya menurunkan. CMIIW.

    BalasHapus