Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada apa dengan ayam cemani,harganya bisa sampai 25 juta

     Terdapat beberapa ras dari spesies ayam. Di antara lain merupakan Ayam kedu, Ayam selasih ataupun Ayam cemani yang ialah ras ayam lokal yang dibesarkan di daerah Kedu, tepatnya di Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Temanggung, serta Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Magelang.

     Dilansir dari wikipedia, ras lokal ini diketahui sebab rupanya yang gelap, tetapi ada pula jenis yang bercorak putih. Ayam kedu tengah dibesarkan bagaikan ras ayam unggul.

     Ayam kedu pada awal mulanya berperan bagaikan hewan ritual serta tidak dimuliakan bagaikan pedaging ataupun petelur.

     Menariknya, satu ekor ayam cemani ini, biayanya dapat tembus Rp25 jutaan. Tidak hanya sebab rupanya yang dominan gelap, apa sih sebab- sebab yang buat ayam ini dapat dijual dengan harga yang sangat besar?


Sumber: Wikipedia



     Di balik dagingnya yang gelap, ayam ini mempunyai kandungan protein yang besar ditambah dengan kandungan lemak serta kolesterol yang sangat rendah. Gak heran jika ayam ini diminati.

     Terus apa alasan- alasannya mengapa harga ayam Cemani dapat mahal banget di Indonesia? Berikut dilansir dari Lifepal.

1. Jumlah ayam Cemani yang sedikit buat biayanya mahal

     Keberadaan ayam Cemani yang gak banyak di dunia, tercantum di Indonesia jadi alibi mengapa harga ayam ini mahal banget. Gak dikenal tentu berapa populasi ayam ini saat ini.

     Tetapi, dari data yang tersebar tahun 2017, jumlah ayam ini disebut- sebut menggapai 3. 500 ekor di dunia. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding jumlah ayam broiler yang menggapai 1, 69 miliyar ekor.

     Jika jumlah ayam gelap pekat ini gak dapat mengimbangi banyaknya permintaan, dapat ditentukan biayanya bakal terus meroket. Jadi, mikir- mikir deh buat memakannya.

2. Ayam yang melegenda semenjak masa Kerajaan Majapahit

     Warnanya cerita ayam Cemani begitu melegenda di tengah- tengah warga. Malahan banyak orang yang meyakini ayam ini sudah hidup semenjak masa Kerajaan Majapahit.

     Ceritanya diawali kala ayam gelap ini jadi peliharaan Ki Ageng Mangkuhan. Sewaktu dipelihara olehnya, ayam Cemani gak seluruhnya bercorak gelap lho.

     Setelah itu rupanya jadi gelap seluruhnya terjalin dikala Ki Ageng mengawinkan ayam hitamnya dengan ayam gelap yang lain demi melindungi kelestariannya. Gak disangka pernikahan ayamnya tersebut menciptakan ayam yang gelap seluruhnya.

     Semenjak dikala itu ayam ini dinamakan ayam Cemani yang dilansir dari bahasa Sanskerta. Cemani sendiri dimaksud bagaikan gelap.

     Tujuan Ki Ageng melestarikannya gak lain sebab ayam ini sempat digunakan dalam penyembuhan. Makanya ayam ini setelah itu diketahui bagaikan obat.

     Meski cerita yang tersebar demikian, kenyataannya nih corak gelap pada ayam ini diakibatkan fibromelanosis. Terdapatnya fibromelanosis disebabkan terbentuknya mutasi genetik yang setelah itu merangsang pigmen yang kelewatan.

3. Ayam Cemani diketahui bagaikan ayam mistis

Ayam Cemani diketahui kemistisannya.

Gak hanya jadi ayam yang melegenda, ayam Cemani pula diselubungi mitos jika ayam ini ialah ayam mistis. Di Jawa ayam gelap digunakan dalam ritual mistis.

Datanya nih terdapat 3 ayam yang dipercaya memiliki kekuatan magis, ialah ayam Cemani Widitra, Cemani Warastratama, serta Cemani Kaikayi. Ketiga ayam tersebut dipakai buat penolak bala, sihir, sampai digunakan dalam upacara adat.

4. Ayam Cemani dipercaya bawa keberuntungan


     Gak sedikit pula orang- orang yang yakin jika ayam Cemani itu bawa keberuntungan. Terus ayam ini dapat bawa kedamaian, rezeki yang banyak, buat laris dagangan, sampai kesuksesan buat siapa aja yang memeliharanya.

     Dengan terdapatnya keyakinan tersebut, normal rasanya ayam ini diminati banyak orang. Apalagi, terdapat orang yang rela membayar mahal demi dapat memelihara ayam ini.

     Menariknya nih Greenfire Farms yang berlokasi di Florida, Amerika Serikat menjual ayam gelap ini dengan harga mulai dari US$199– US$ 400 per ekor. Jika dirupiahkan, ayam Cemani dijual dengan harga Rp2, 78 juta– Rp5, 60 juta.

Jenis                                 Harga termurah          Harga termahal

Ayam Cemani dewasa          Rp 25 juta                    Rp 40 juta

Anak ayam Cemani              Rp 125 ribu                 Rp 550 ribu

Telur ayam Cemani              Rp 80 ribu                    Rp 100 ribu

Sumber : Harianjogja.com

 

Posting Komentar untuk "Ada apa dengan ayam cemani,harganya bisa sampai 25 juta"