Menelusuri asal usul ayam cemani

     Ayam cemani diketahui memiliki corak yang unik serta berbeda dari ayam mayoritas. Alasannya, ayam ini bercorak serba gelap. Bukan cuma bulunya, namun pula paruh, lidah, kaki, sampai tulang. Begitu pula dengan dagingnya. Keunikan wujud fisiknya tersebut jadi keunikan tersendiri, baik untuk mereka yang mau semata- mata membeli ataupun menelitinya. Rupanya yang gelap ini jadi asal- usul penamaan ayam tersebut.

  •      Asal- usul ayam cemani 

     Mengutip dari Daily Kompas, 5 Juni 2010, makna kata cemani dalam bahasa Sansekerta berarti gelap. Ayam cemani ini ialah satu tipe ayam Kedu, ayam asli Temanggung. Tidak hanya ayam cemani yang bercorak gelap, ayam dari Kedu pula terdapat yang bercorak merah, putih, ataupun corak kombinasi putih gelap yang pula diucap bagaikan blurik.

     Dari hasil riset Merkens serta Mohede ( 1941), corak bulu yang beragam dari ayam kedu terjalin sebab pernikahan antara ayam ras lokal Temanggung dengan ayam Austrolorp yang dimasukkan Pemerintah Belanda. Tetapi, spesial buat ayam cemani, tidak dikenal aspek genetis apa yang menimbulkan segala badan ayam bercorak gelap." Bisa jadi ayam cemani terlahir akibat mutasi genetik serta memiliki kelainan corak," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan serta Perikanan Kabupaten Temanggung dikala itu, Agus Prasojo.

     Melansir Kompas. com, 21 September 2019, bagi beberapa periset, keadaan ayam cemani diucap fibromelanosis ataupun mutasi yang terjalin pada ayam dalam negeri." Kami mempunyai fakta kalau itu merupakan penyusunan ulang yang rumit dalam genom," kata pakar genetika di Uppsala University, Swedia, Leif Andersson. Dia mengatakan bila jejak mutasi dari ayam cemani berasal dari seekor burung yang bisa jadi hidup ratusan atau ribuan tahun lalu. Tetapi, walaupun saat ini para periset mulai menguasai apa yang jadi pemicu corak gelap pada ayam cemani, sejarah asal usul ras ini masih menjadi teka- teki.

ayam cemani (sumber:tokopedia)

  •      Pengelompokan ayam cemani 

     Bersumber pada pengelompokan yang terbuat oleh peternak, ayam cemani juga dibedakan bersumber pada kandungan kehitamannya. Ayam cemani mutu paling rendah ataupun grade C bercorak abu- abu muda, ayam cemani mutu sedang atau grade B bercorak abu- abu hitam, serta ayam cemani luar biasa ataupun grade A bercorak gelap pekat. Sedangkan, spesial buat ayam cemani istimewa, corak lidah juga gelap dengan darah bercorak merah tua hampir kehitaman. 

     Di luar karakteristik badannya, secara universal, ayam cemani mempunyai identitas semacam berbadan besar, kompak, punggung lebar, kepala cenderung bundar dengan paruh bercorak gelap ataupun merah, jengger besar, tebal, serta tegak.Berdasarkan riset, daging ayam cemani lebih banyak memiliki hemoglobin dibanding ayam kampung biasa. Oleh sebab itu, daging ayam ini sangat baik disantap bunda berbadan dua alias ibu hamil.

     Ayam cemani ialah salah satu varietas ayam kampung. Oleh sebab itu, sama semacam varietas daging ayam kampung lain, daging ayam cemani kala dimasak tidak gampang sirna serta rasanya lezat. Ayam cemani identik dengan ritual adat di Pulau Jawa. saat ini ayam cemani pula populer bagaikan ayam hias bernilai besar.

Sumber : Kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menelusuri asal usul ayam cemani"

Posting Komentar

i