Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu meteorit termahal di dunia

     Batu meteor jatuh di Tapanuli, Sumatera Utara, pada 1 Agustus 2020 lalu. Meteorit yang saat dilelang di toko online hingga Rp26 miliar itu diklasifikasikan sebagai Kondrit berkarbon (CM1/2).
Jay Piatek adalah warga Amerika Serikat yang disebut membeli meteor Tapanuli itu.

ilustrasi meteor


     Piatek tercatat mengoleksi 1.300 spesimen meteor. Salah satu yang paling berharga adalah meteor Black Beauty senilai Rp199 miliar.Selain Black Beauty yang diklaim meteorit dari Planet Mars itu, tercatat ada sekitar 10 batu meteroit termahal di dunia:
1. Meteorit Fukang
     Meteroit yang jatuh di fukang ,xianjiang wilayah otonom bagian barat laut china ini dilego sekitar 1,7 juta Euro atau Rp31,8 miliar dan merupakan pallasit yang terbuat dari besi nikel yang di dalamnya terdapat kristal olivin.Dikutip Catawiki, para ilmuwan percaya bawa hanya satu persen dari semua meteroit yang jatuh di Bumi adalah pallasit. Meteroit ini diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun. Artinya, batuan ini hampir seusia dengan planet kita atau bisa saja lebih tua.
2. Meteroit Brenham
     Meteroit Brenham juga berbahan pallasit, beratnya setengah ton dan dihargai 896 ribu Euro atau Rp16 miliar. Batuan tersebut berbentuk seperti perisai dan ditemukan di Kansas tahun 2005.
3. Meteroit Willamette
     Pada bulan Oktober 2007, pecahan meteroit bernilai 851 ribu Euro atau Rp15 miliar ini dijual di New York, Amerika Serikat. Namun batuan meteroit ini langsung disumbangkan ke American Museum of Natural History.Meteroit ini diklaim sebagai salah satu meteroit terbesar yang ditemukan di Bumi. Batuan ini ditemukan tahun 1902, beratnya lebih dari 16 ton saat ditemukan.
4. The Conception Junction Meteroite
     Batuan meteroit ini dihargai 724 ribu Euro atau Rp13 miliar. Para peneliti percaya bahwa batuan ini pernah menjadi bagian dari asteroid yang mengorbit antara Mars dan Jupiter. Batuan ditemukan oleh seorang petani di Conception Junction Missouri.Universitas St. Louis mengidentifikasi batuan antariksa sebagai pallasit dengan kristal olivin di dalamnya.
5. Meteroit Springwater
     Meteroit Springwater dijual seharga 511 ribu Euro atau Rp 9,5 miliar. Meteroit berbahan palasit seberat 117 pon ini ditemukan di sebuah peternakan di Saskatchewan, Kanada tahun 1931.Umur meteroid dipercaya berumur 4,5 miliar tahun dan mengandung mineral olivin dalam jumlah besar.
6. Meteroit Mars Zagami
     Mars Zagami mendarat di Nigeria tahun 1962. Bongkahan meteorit yang besar dilego tahun 2006 dengan harga 383 ribu Euro atau sekitar Rp 6.45 Miliar.
7. Meteroit Chelyabinsk
     Tahun 2013, sebuah meteor jatuh dari atas kota Chelyabinsk,rusia pada tanggal 15 februari 2013. Batuan ini adalah salah satu meteroit yang melukai banyak manusia. Lebih dari 1.200 orang membutuhkan perawatan medis kala itu.Kisah di balik meteroit juga penting sehingga dapat mempengaruhi nilai jualnya. Meteroit yang memiliki saksi ketika jatuh ke Bumi harganya lebih tinggi,meteorit chelybinsk di hargai senilai 336 ribu Euro atau sekitar 5.7 M.
8. Dar al Gani 1058 Lunar Meteorite
     Meteroit bulan terbesar yang pernah dilelang dengan berat 4 pon, ditemukan di Libya tahun 1998.
Dampak meteor pada Bulan mengeluarkan material permukaan ke luar angkasa. Tentu saja, batuan Bulan yang datang ke Bumi ini dilego 281 ribu Euro atau sekitar Rp4.8 Miliar.
9. Meteorit Zagami
     Meteorit Zagami mengkristal dari magma basaltik sekitar 175 juta tahun yang lalu dan hingga saat ini merupakan meteorit Mars terbesar yang ditemukan di Bumi.Pada tahun 1962, seorang petani di Zagami, Nigeria hampir disambar meteorit besar ini saat jatuh. Sebagian dari massa itu ditawarkan untuk dijual dan bernilai lebih dari 278 ribu Euro atau sekitar Rp 4.7 Miliar.
10. The Gibeon Meteorite
     meteorit logam raksasa ini bukan meteorit biasa. Batu antariksa digambarkan sebagai kemiripan dunia lain dengan lukisan terkenal Edvard Munch 'The Scream'. Meteorit itu ditemukan di tepi gurun Kalahari di Afrika Selatan dan diperkirakan bernilai 280 ribu Euro atau senilai Rp 4,72 Miliar.

Posting Komentar untuk "Batu meteorit termahal di dunia"