Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Guru Nasional diperingati tiap 25 November. Gimana sejarah diperingatinya hari itu?

     Hari Guru Nasional sudah dicetuskan semenjak tahun 1994 sesuai dengan keputusan presiden. Bersumber pada Keppres No 78 Tahun 1994 serta pada UU No 14 Tahun 2005 tentang guru serta dosen, bertepatan pada 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional serta diperingati bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia( PGRI).

Ilustrasi Guru

     PGRI tercipta pada 25 November 1945 oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, serta Abdullah Noerbambang. Saat sebelum jadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda( PGHB).

     PGHB didirikan pada 1912 serta beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, hingga pegawai guru sekolah yang lain. Setelah itu nama PGHB diganti jadi persatuan Guru Indonesia( PGI).

     Dikala pendudukan Jepang, PGI dilarang. Sehabis Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang awal kalinya pada 24- 25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah. Salah satu hasil Kongres merupakan mereka mengesahkan terjadinya PGRI.

     Buat menampilkan penghargaan terhadap guru, tiap bertepatan pada 25 November diperingati sebagai  Hari Guru Nasional. Di sebagian negeri, hari guru diperingati dengan bertepatan pada yang berbeda- beda.

Di sebagian negeri, Hari Guru Nasional ialah hari libur sekolah. Tetapi tidak di Indonesia. Perayaan Hari Guru Nasional dicoba dengan mengadakan sebagian kegiatan.

Selamat Hari Guru Nasional!  

Source : Detik

Posting Komentar untuk "Hari Guru Nasional diperingati tiap 25 November. Gimana sejarah diperingatinya hari itu?"