Manfaat konsumsi makanan laut

udang,salah satu jenis seafood
     Makanan laut atau seafood merupakan salah satu makanan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan berbagai makanan laut memiliki cita rasa yang khas dan lezat yang berbeda – beda. Selain itu, karena hampir 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan, maka banyak masakan – masakan khas dari wilayah pesisir Indonesia menggunakan bahan dasar makanan laut.

     Selain lezat, makanan laut juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Hal ini dikarenakan makana laut seperti ikan dan udang memiliki kandungan protein yang tinggi. Sehingga sangat baik untuk mempercepat produksi sel – sel di dalam tubuh dan memperbaiki sel – sel yang rusak. Selain itu, kandungan omega 3 yang ada di dalam hampri semua ikan khususnya ikan laut, juga dapat membantu mempercepat perkembangan otak anak.

     Namun, makanan laut atau seafood juga memiliki kandungan lemak sterol atau kolesterol yang juga tinggi. Sehingga, beberapa orang khususnya yang memiliki penyakit kardiovaskular tidak dapat ikut merasakan nikmatnya mengkonsumsi makanan laut. Selain itu, beberapa orang memiliki alergi terhadap protein dari makanan laut sejak kecil. Sehingga mereka akan merasakan timbulnya reaksi alergi seperti gatal – gatal dan ruam di sekujur tubuh saat memakan makanan laut.

     Selama masih dalam batasan tertentu, mengkonsumsi makanan laut sebenarnya masih aman untuk semua orang. Bahkan kalian bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi makanan laut. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kalian rasakan saat konsumsi makanan laut.
  • Mencegah Alzheimer
     Alzheimer merupakan sebuah penyakit yang menyerang organ otak manusia. Umumnya, penderita Alzheimer memiliki memory jangka pendek dan tidak dapat mengingat sesuatu dengan baik. Berbeda dengan pikun yang hanya terjadi pada orang dengan usia lanjut, penyakit Alzheimer bisa menyerang siapa saja baik muda ataupun tua.
     Dengan rutin mengkonsumsi makanan laut, kalian bisa menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Beberapa jenis makanan laut seperti kerang, telah terbukti memiliki kandungan yang dapat mencegah penyakit ini. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan laut juga dapat mencegah penderita penyakit Alzheimer menurunkan penyakitnya kepada keturunannya.
  • Meningkatkan Daya Pikir
     Seperti yang kita tahu, ikan khususnya ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan omega 3 ini dapat mempercepat perkembangan otak khususnya pada anak di bawah usia 5 tahun.
     Selain itu protein yang terkandung dalam ikan juga dapat membantu meregenerasi sel – sel pada otak manusia. Sehingga dapat mencegah terjadinya kepikunan dini pada orang dewasa dan remaja.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
     Mengkonsumsi makanan laut tidak selamanya membahayakan bagi tubuh penderita penyakit kardiovaskular. Jika di konsumsi secara normal, kandungan omega 3 yang ada di dalam makanan laut bisa menjaga kesehatan jantung. Selain itu, makanan laut juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.
  • Memperlancar Buang Air Besar
     Meskipun bukan berupa ikan-ikanan, namun rumput laut juga masih termasuk ke dalam makanan laut yang memiliki banyak manfaat. Rumput laut memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga dapat membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar.
     Bagi sebagian orang, rumput laut juga dapat di jadikan metode diet untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi rumput laut baik dalam bentuk utuh, mapun dalam bentuk olahan seperti agar – agar dan sushi. Dengan begitu, tubuh dapat lebih mudah dalam mencerna makanan dan system pencernaan menjadi lebih sehat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat konsumsi makanan laut"

  1. Seperti orang jepang yang katanya pandai karena banyak mengkonsumsi ikan

    jejak gan. https://dapurmantul.blogspot.com/2019/03/nasi-goreng-harga-satu-juta.html

    BalasHapus