Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan sehat yang perlu di konsumsi setiap hari

     Tubuh manusia membutuhkan berbagai jenis vitamin dan mineral agar bisa melakukan kegiatan sehari–hari. Pada dasarnya, vitamin dan mineral bisa kita peroleh dengan cara mengkonsumsi makanan–makanan sehat. Terutama jika mengkonsumsi makanan  4 sehat 5 semupurna secara rutin setiap hari.

     Kebanyakan masyarakat Indonesia sering kali menganggap bahwa makanan sehat pasti memiliki rasa yang tidak enak. Sehingga mereka lebih memilih mengkonsumsi makanan–makanan cepat saji seperti junk food atau fast food yang tidak memiliki nilai gizi. Padahal, jika di konsumsi secara sering dalam jangka waktu panjang, makanan cepat saji dapat mengundang banyak penyakit mematikan seperti stroke, jantung, diabetes, dan juga darah tinggi.

     Makanan sehat memang rata–rata memiliki tampilan yang kurang menarik khususnya bagi anak–anak. Namun, jika di olah dengan benar, makanan–makanan yang mengandung banyak nutrisi ini dapat berubah menjadi makanan yang tidak kalah lezat dengan makanan cepat saji. Selain itu, hampir semua makanan yang mengandung banyak nutrisi memiliki aroma khas yang dapat membangkitkan nafsu makan.

BACA JUGA
   
    Sebenarnya, tubuh manusia membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral serta nutrisi lainnya. oleh karena itu, kita perlu mengkonsumsi banyak makanan sehat setiap hari. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang perlu kalian konsumsi setiap hari.

  • Brokoli
     Salah satu jenis makanan sehat yang perlu kita konsumsi setiap hari adalah sayur brokoli. Sayur dengan naman latin Brasica Oleracea ini memiliki banyak kandungan kalsium dan vitamin K yang di butuhkan oleh tubuh manusia. selain itu, brokoli memiliki sifat anti toxin yang dapat mencegah racun memasuki tubuh.
Makanan sehat yang perlu di konsumsi tiap hari
brokoli

     Dengan rutin mengkonsumsi brokoli, kalian dapat terhindar dari banyak penyakit. Salah satunya adalah terhindar dari berbagai penyakit kanker. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang bersifat sebagai anti kanker.

  • Telur
     Seperti yang kita tahu, baik telur ayam maupun telur unggas lainnya memiliki banyak kandungan protein. Dengan rutin mengkonsumsi telur, kalian bisa terhindar dari penyakit kwashiorkor atau busung lapar yang di sebabkan akibat dari kekurangan asupan protein.
Dalam mengkonsumsi telur, sebaiknya kalian mengolahnya dengan cara di rebus. Hal ini dikarenakan telur terbus memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih sehat di bandingkan olahan telur lainnya. Jika kalian mengkonsumsi telur dengan cara di goreng, maka telur akan tercampur minyak yang dapat memicu penyakit kolesterol.

  • Apel
    Seperti yang di katakana peribahasa “ Eat Apple A Day, Keeps Doctor Away “. Dengan rutin mengkonsumsi apel setiap hari, kalian bisa terhindar dari banyak penyakit mematikan. Hal ini dikarenakan apel memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin C dan Vitamin Vitamin B6.
Selain itu, apel juga dapat menurunkan berat badan bagi seseorang yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan apel merupakan buah dengan kandungan kalori yang cukup tinggi. Sehingga dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

  • Susu
     Meskipun berupa minuman, namun susu juga merupakan salah satu sumber kalsium dan fosfor yang sangat cocok di konsumsi bersama dengan makanan sehat lainnya. dengan rutin mengkonsumsi susu, pastinya kita dapat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Selain itu, susu juga dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis saat sudah memasuki usia lanjut.
Ada baiknya jika kalian mengkonsumsi susu sapi yang baru melewati tahap pasturisasi. Hal ini dikarenakan kebanyakan susu kemasan yang di jual di toko – toko telah tercampur dengan gula yang cukup banyak dan justru dapat menyebabkan obesitas.


Posting Komentar untuk "Makanan sehat yang perlu di konsumsi setiap hari"