Pencemaran Polusi Ozon yang Berdampak pada Kesehatan Anda!

     Bahwasanya ozon terdiri dari tiga atom oksigen. Ini adalah gas yang sangat reaktif dan diwakili oleh O3. Ini terjadi secara alami serta produk buatan manusia di atmosfer atas bumi yaitu stratosfer dan atmosfer yang lebih rendah yaitu troposfer.Secara alami ia terbentuk melalui interaksi radiasi ultraviolet matahari (UV) dengan oksigen molekuler O2. Tahukah Anda bahwa lapisan ozon sekitar 6-30 mil di atas permukaan Bumi dan mengurangi radiasi UV berbahaya yang mencapai permukaan Bumi.Tetapi pencemaran polusi ozon di permukaan tanah dianggap sebagai polutan udara utama. Kita semua tahu bahwa ozon melindungi kita dari radiasi UV yang berbahaya tetapi ozon di permukaan tanah berbahaya dan menyebabkan polusi. Mari kita pelajari tentang pencemaran Ozon dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan.

Jenis ozon
     Sebagaimana dibahas di atas ozon terjadi baik di atmosfer atas Bumi dan di permukaan tanah. Ini bisa baik atau buruk tergantung di mana ia ditemukan.

1.Ozon Baik
     Terjadi secara alami di atmosfer atas Bumi dan juga dikenal sebagai ozon stratosfer . Di sini, ia membentuk perisai pelindung yang melindungi kita dari radiasi UV berbahaya matahari. Karena berbagai bahan kimia buatan manusia itu sebagian hancur dan menyebabkan lubang di ozon.

2.Ozon Buruk
     Ini adalah ozon permukaan tanah yang tidak langsung dipancarkan ke udara dan dikenal sebagai ozon Troposfer . Ini dihasilkan oleh reaksi kimia dari nitrogen oksida dan senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Ini terjadi ketika polutan dipancarkan oleh mobil, pembangkit listrik, boiler industri dan tanaman kimia dll. dan bahan kimia ini bereaksi dengan adanya sinar matahari. Apakah Anda tahu bahwa di permukaan tanah itu adalah polutan udara berbahaya karena efeknya pada manusia dan lingkungan dan juga merupakan bahan utama dalam kabut asap.
     Di daerah perkotaan pada hari yang cerah, ozon mencapai tingkat yang tidak sehat dan dapat mencapai tingkat tinggi selama cuaca dingin. Sekarang, Anda mungkin berpikir bahwa di daerah pedesaan ozon ini mencapai atau tidak? Ya di daerah pedesaan juga ozon permukaan tanah diangkut oleh angin dan dapat mengalami tingkat ozon yang tinggi.
      Di atmosfer, ozon terbentuk dari gas yang keluar dari cerobong asap, tailpipes, dll. Ketika gas-gas ini bersentuhan dengan sinar matahari, mereka bereaksi dan membentuk kabut (ozon). Orang yang menderita penyakit paru-paru seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik, yang meliputi emfisema dan bronkitis kronis, pekerja di luar ruangan, anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dll. Lebih berisiko.
     Beberapa bukti menunjukkan bahwa kelompok lain termasuk wanita, orang-orang yang menderita obesitas dan orang-orang dengan pendapatan rendah juga dapat menghadapi risiko yang lebih tinggi dari ozon. Orang-orang dengan karakteristik genetik tertentu dan orang-orang dengan asupan nutrisi tertentu yang berkurang seperti vitamin C dan E berada pada risiko yang lebih besar dari paparan ozon.

Bagaimana Pencemaran Polusi Ozon yang Berdampak pada Kesehatan?
Efek pada kesehatan dan lingkungan ozon
  • Menghirup ozon dapat menyebabkan nyeri dada, batuk, iritasi tenggorokan dan peradangan saluran napas.
  • Mengurangi fungsi paru-paru.
  • Ozon memperburuk bronkitis, emfisema, asma dll.
  • Meningkatkan risiko infeksi pernapasan dan kerentanan terhadap peradangan paru. 
  • Menghirup ozon dapat mempersingkat hidup Anda yang merupakan kematian dini.
  • Dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular yang menghirup ozon dapat mempengaruhi jantung.
  • Pencemar BAIR hadir di udara membuat paru-paru lebih responsif terhadap ozon dan ketika Anda menghirup ozon meningkatkan tubuh Anda untuk menanggapi polutan lainnya.
  • Terus merusak paru-paru bahkan ketika gejala hilang.
  • Ozon menyebabkan kerusakan pada vegetasi dan ekosistem termasuk hutan, taman, tempat perlindungan satwa liar dll.
Jadi, sekarang kita jadi tahu tentang pencemaran polusi ozon yang disebabkan olehnya. Juga, apa efek berbahaya dari ozon pada kesehatan dan lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pencemaran Polusi Ozon yang Berdampak pada Kesehatan Anda!"

Posting Komentar